Sunday, October 20, 2019

LOGARITMA- KI KD Indikator dan Latihan Soal

LOGARITMA


Materi   : Logaritma, persamaan, dan pertidaksamaan Logaritma
Kelas       : X Peminatan
Semester : Ganjil


Kompetensi Inti

KI-1 dan KI-2:Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya. 
                    Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan kawasan internasional”.
KI 3:                         Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4:                          Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan

Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Indikator

Kompetensi Dasar Pengetahuan
Kompetensi Dasar Keterampilan
3.2.  Mendeskripsikan dan menentukan penyelesaian fungsi logaritma menggunakan masalah kontekstual, serta keberkaitanannya
4.2.  Menyajikan dan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan  fungsi logaritma
IPK Pengetahuan
IPK Keterampilan
3.2.1.  Menggunakan aturan yang berkaitan dengan fungsi logaritma dalam pemecahan masalah
3.2.2.  Menggunakan sifat-sifat persamaan logaritma dalam pemecahan masalah
3.2.3.  Menggunakan rumus-rumus dasar logaritma dalam memecahkan masalah matematika
3.2.4.  Menyebutkan macam-macam bentuk persamaan logaritma
3.2.5.  Menerapkan bentuk-bentuk-bentuk persamaan logaritma dalam menyelesaikan masalah matematis
3.2.6.  Menentukan himpunan penyelesaian dari persamaan logaritma yang diberikan dalam lembar kerja siswa
3.2.7.  Menentukan nilai suatu variable yang memenuhi persamaan logaritma yang diberikan dalam lembar tugas terstruktur
3.2.8.  Menentukan himpunan penyelesaian dari suatu persamaan logaritma yang diberikan dalam lembar tugas terstruktur
3.2.9.  Menggambar grafik fungsi logaritma dalam pemecahan masalah
3.2.10  Menentukan bentuk umum fungsi logaritma
3.2.11.  Melakukan tahapan-tahapan dalam melukis grafik fungsi logaritma
3.2.12.  Melukis sketsa grafik fungsi logaritma yang diberikan dalam lembar kerja siswa
3.2.13  Menentukan nilai maksimum dari fungsi logaritma yang diberikan dalam lembar kerja siswa
3.2.14  Melukis grafik fungsi logaritma dengan interval tertentu yang diberikan dalam lembar tugas terstruktur
3.2.15  Menentukan persamaan grafik dari fungsi yang diberikan sketsa grafiknya yang diberikan dalam lembar tugas terstruktur
3.2.16  Menggunakan sifat-sifat pertidaksamaan logaritma dalam pemecahan masalah
3.2.17  Menyebutkan macam-macam bentuk pertidaksamaan logaritma
3.2.18  Menerapkan bentuk-bentuk-bentuk pertidaksamaan ogaritma dalam menyelesaikan masalah matematis
3.2.19  Menentukan interval penyelesaian pertidaksamaan logaritma yang diberikan dalam lembar kerja siswa
3.2.20  Menentukan interval penyelesaian dari pertidaksamaan logaritma yang diberikan dalam lembar tugas terstruktur
4.2.1. Menyelesaikan masalah matematis dengan menggunakan penerapan bentuk-bentuk persamaan logaritma
4.2.2.  Menyelesaikan himpunan penyelesaian dari persamaan logaritma yang diberikan dalam lembar kerja siswa
4.2.3  Menyelesaikan penjulahan akar-akar dari himpunan penyelesaian dua buah persamaan logaritma yang diberikan dalam lembar tugas terstruktur
4.2.4. Menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan fungsi logaritma
4.2.5  Menyelesaikan grafik dan nilai maksimum dari suatu fungsi logaritma yang diberikan dalam lembar kerja siswa
4.2.6.  Menentukan nilai maksimum dari fungsi logaritma yang diberikan dalam lembar tugas terstruktur
4.2.7.  Menyelesaikan masalah matematis dengan menggunakan penerapan bentuk-bentuk pertidaksamaan logaritma
4.2.8  Menyelesaikan interval penyelesaian pertidaksamaan logaritma yang diberikan dalam lembar kerja siswa
4.2.9  Menyelesaikan interval penyelesaian dari pertidaksamaan logaritma yang diberikan dalam lembar tugas terstruktur



Tujuan Pembelajaran

Setelah kegiatan belajar mengajar selesai, peserta didik dapat :
 Menghayati dan mengamalkan materi Fungsi  Logaritma sebagai bentuk penghayatan dan pengamalan ajaran agama yang dianutnya
Menguasai materi Fungsi  Logaritma dengan menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong kerja sama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian materi Fungsi Logaritma yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.


Latihan Soal Logaritma

Kerjakan 
absen Ganjil Mengerjakan ganjil
absen Genap mengerjakan Genap



No comments:

Post a Comment

Vektor soal ulangan 1

Ulangan vektor Buka Soal